Sabtu, 14 November 2015

LANGKAH LANGKAH SETTING DHCP SERVER

A. LANDASAN TEORI

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah suatu program aplikasi yang memungklinkan pengaturan jaringan secara terpusat dari server, sehingga PC client tidak perlu melakukan konfigurasi alamat IP, karena semuanya sudah ditangani oleh PC server. DHCP server adalah komputer yang memberikan nomor Ip kepada DHCP client.
Tujuan utama dari penggunaan DHCP adalah untuk memberikan pengaturan Ip address melalui suatu server dari pada harus melakukan konfigurasi suatu persatu pada setiap client. Sebuah client yang dikonfigurasikan menggunakan DHCP tidak dapat mengatur IP address secara static dengan sendirinya, akan tetapi diatur dan ditentukan oleh DHCP server yang telah ditentukan.



B. PRAKTIKUM

          Langkah langkah DHCP SERVER adalah sebagai berikut :

1  1  . Langkah pertama buka dulu virtual box nya, selanjutnya jalan kan Ubuntu server      yang sudah di install di Virtual box tadiSetelah masuk




1.2 .   Setelah masuk selanjutnya edit IP nya dengan cara mengasih perintah sebagai berikut “nano /etc/network/interfaces”.
3

13 .etelah masuk Edit IP sesuai keinginan anda seperti gambar dibawah, setelah selesai tekan “Ctrl+X” untuk menyimpan perubahan dan tekan “Y”. setelah disimpan lalu restarst dengan cara memasukan perintah “/etc/init.d/networking restart”.


14  .dan setelah itu install DHCP nya dengan cara “apt-get install dhcp3-server” enter lalu pilih “perangkat-optical Drives-pilih ISO yang kamu install tadi” dan enter.

15.  dan setelah itu install DHCP nya dengan cara “apt-get install dhcp3-server” enter lalu pilih “perangkat-optical Drives-pilih ISO yang kamu install tadi” dan enter.


  6 .tahap terakhir PING antara Client dan Server atau sebaliknya dan hasilnya.
    “SELESAI"

















2.    




3. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar